Alasan Social Distance Efektif Mencegah Penularan Corona

Social distancing dianggap sebagai salah satu cara menghentikan laju penularan virus corona. Benarkah cara ini bakal berhasil?

Social distance atau menjaga jarak saat bersosialisasi menjadi cara yang dianggap penting -selain cuci tangan– untuk mencegah Covid-19 akibat virus corona.

Namun apa sebenarnya social distance? praktik kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dekat dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan penyakit. Ini dapat mencakup langkah-langkah skala besar seperti membatalkan acara kelompok atau menutup ruang publik, serta keputusan individu seperti menghindari keramaian.

“Social distance seringkali sulit dilakukan. Karena kebanyakan dari manusia adalah makhluk sosial,” Asaf Bitton, direktur eksekutif Ariadne Labs di Boston kepada Medium.

Penelitian telah menemukan bahwa SARS-CoV-2, nama resmi untuk virus corona yang menyebabkan pandemi saat ini, menyebar lewat droplet atau ludah dan secara prospektif dapat tetap mengudara hingga tiga jam setelah seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Studi lain telah menyimpulkan bahwa coronavirus dapat tetap hidup di permukaan mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *