Dua Kubu Politik Israel Bahas Persatuan untuk Hadapi Virus Corona

Dua Kubu Politik Israel Bahas Persatuan untuk Hadapi Virus Corona

Presiden Israel Reuven Rivlin telah bertemu dengan para pemimpin dua partai politik rival untuk mencoba membentuk kabinet persatuan demi mengatasi krisis coronavirus. Belum ada kesepakatan apapun yang dicapai. Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengepalai Partai Likud dan Benny Gantz yang mengepalai Partai Biru Putih mengatakan pembicaraan akan dilanjutkan pada hari Senin (16/3).

Sebelum pembicaraan, Gantz diperkirakan akan diminta untuk membentuk pemerintahan baru, setelah ia tampaknya mendapatkan dukungan dari 61 dari 120 anggota parlemen (Knesset). Namun ada juga pembahasan mengenai opsi kompromi, di mana hal ini menunjukkan kemungkinan pemerintah persatuan akan dipimpin secara bergilir oleh Netanyahu dan Gantz.

Presiden Rivlin memiliki waktu hingga Selasa untuk memutuskan siapa yang akan diminta untuk membentuk kabinet baru.

Sebagian besar aktivitas di Israel terhenti karena negara itu berusaha menahan wabah Virus Corona

Pemilu 2 Maret gagal memecah kebuntuan politik yang telah melumpuhkan politik Israel. Netanyahu, yang merupakan Perdana Menteri dengan masa jabatan terpanjang, tersandung kasus korupsi di tengah perjalanannya mengejar periode kelima. 

Sementara Gantz, yang merupakan  mantan kepala staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sebelumnya menolak menjadi bagian dari pemerintah koalisi yang dipimpin oleh seseorang yang menghadapi tuntutan pidana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *