Perlintasan Rel Kereta Api Jalan Ahmad Yani Membahayakan Pengendara

Kasal Lantas: Ini Berdampak Rawan Laka

Jalan berlubang di perlintasan rel kereta api di Jalan Ahmad Yani

SIANTAR24JAM.COM – Jalan di perlintasan kereta api Kota Siantar, terus bermasalah. Setelah perlintasan di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Suka Dame, Kecamatan Siantar Utara. Kali ini, giliran perlintasan kereta api di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur, jurusan Siantar-Medan kupak-kapik.

Tak hanya itu, saat hujan melanda, tak jarang rel kereta api menjadi sangat licin. Bahkan, lubang yang mengangah tertutup genangan air membuat pelintas jalan merasa penuh was-was. Kerusakan jalan itu juga, menjadi pemicu kemacetan jalan. Apalagi di saat jam-jam sibuk, mau tak mau laju kendaraan harus dikurangi.

Menurut seorang pengendara kereta, Hendri (34), warga Jalan Beringin, Kelurahan Kahaean, Kecamatan Siantar Utara. Dirinya sering menjadi korban dari kerusakan aspal di perlintasan kereta api itu. Meskipun terlihat dijaga, namun penjaga perlintasan kereta api tidak memberikan pertolongan.

Jalan berlubang di perlintasan rel kereta api di Jalan Ahmad Yani

“Bahaya kali lah bang, karena kemaren pas siap kerja mau pulang kerumah tebalek aku kena lubang itu, hanya luka lecet ditangan. Bukan aku aja, tadi malam pas aku pulang juga ada dua orang cewek naik kereta Scopy terjatuh. Itupun tak mau penjaga rel nolongin, padahal dilihatnya di pos jaga itu,” ujarnya ditemui, Minggu (26/7) siang sekira jam 13.00 WIB.

Senadah juga disampaikan warga sekitar, Marpaung (47). Kepada awak media ini, menjelaskan bahwa dirinya sudah mengetahui adanya jalan berlubang ditengah perlintasan kereta api Jalan Ahmad Yani tersebut. Bahkan, dirinya melakukan inisiatif untuk menimbun lubang itu menggunakan batu padas yang dipecahinnya sendiri.

“Kerusakan ini terjadi sejak adanya perbaikan bantalan rel oleh pihak PT KAI Siantar, kalau tak salah tiga bulan lalu. Habis melakukan perbaikan, lubang itu dibiarkan saja. Akupun uda sering mengetahui banyaknya korban terjatuh, makannya inisiatif ku sendiri menimbun pakai batu padas meski terbawa hanyut kalau banjir,” jelasnya.

Jalan berlubang di perlintasan rel kereta api di Jalan Ahmad Yani

Meski pihaknya sudah mengadukan hal itu kepada penjaga perlintasan api di pos penjagaan palang. Tetapi, sampai saat ini, dirinya menganggap seperti tak ada respon.” Uda kusampaikan sama penjaganya, abang lihatlah sampai sekarang, itu masih rusak belum ada perbaikan. Seharusnya, mereka yang bertanggung jawab,” tutupnya mengakhiri.

Sementara, sampai berita ini dikirim ke redaksi. Pihak PT KAI kota Siantar belum berhasil mengasih jawaban. Karena nomor Direktur Utama (Dirut) PT KAI Edi Sukmoro, saat dihubungi berulang kali tidak memberikan jawaban terkait kerusakan jalan yang berlubang di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Patuan Anggi.

Ditempat terpisah, Kasat Lantas Polres Siantar AKP Muhammad Hasan saat dimintai tanggapannya terkait kerusakan jalan, mengakui bahwa kerusakan jalan cukup dalam. ” Sudah saya cek tadi, memang lintasan pas di rel nya itu berlobang agak dalam,” ujarnya Minggu (26/7) sore sekira jam 14.30 WIB.

Menurutnya, kerusakan jalan itu berdampak menjadi licin.” Ini juga berdampak rawan laka, khusus nya pengendera roda 2. Saya himbau bagi pengendera yang akan melintasi agar berhati hati. Bagi instansi terkait, semoga dapat cepat memperhatikan. Untuk perbaikan atau minimal himbauan sebelum adanya perbaikan,” himbaunya. (yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *