KBSB Peduli Sejarah, Kunjungi Zorat Makam Raja Sangnaualuh

SIANTAR24JAM.COM – Sebagai bentuk/ungkapan rasa syukur atas pelantikan KBSB dan GM – KBSB kamis lalu sukses dikukuhkan di Convention Hall Siantar Hotel dan pagi ini Keluarga Besar Siantar Bersatu melakukan ziarah ke zorat Raja Sangnaualuh Damanik Kamis (18/02) dalam aksi KBSB peduli Sejarah

Rombongan Keluarga Besar Siantar Bersatu (KBSB) dan Generasi Muda Siantar Bersatu GM – KBSB) disambut langsung oleh salah satu ahli waris keturunan Kerajaan Siantar yakni Rudi Damanik diZorat pemakaman Raja Sangnaualuh Damanik dipematang Kelurahan Simalungun Kecamatan Siantar Selatan.

Sebelum berziarah, ahli waris Rudi Damanik terlebih dulu menceritakan sejarah kerajaan Siantar kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan adat dan berziarah. Dengan di dampingi istri dan Artina Linda damanik boru, Rudi merasa bangga atas kedatangan Keluarga Besar Siantar Bersatu (KBSB) dan (GM – KBSB).

“Suatu kebanggaan bagi kami keturunan Raja Sangnaualuh atas kedatangan KBSB dan GM – KBSB ini karena dalam hidup ini janganlah kita pernah melupakan sejarah dan jangan sekali sekali melupakan sejarah senantiasalah mengingat sejarah karena sejarah membuat hidup kita lebih berarti dimata masyarakat.” ujarnya.

Sementara Ketua Umum KBSB Sri Rahmawati yang baru saja dilantik dengan didampingi Pembina KBSB dan beberapa penasehat yang hadir. Rahma mengucapkan, terimakasih atas penyambutan keluarga dari keturunan Raja Siantar yang luar biasa ini.

“Kedatangan kami ini adalah bentuk rasa syukur sebab kepengurusan KBSB baru saja dilantik dan sukses semua itu berkat kerja sama panitia, karena saya sudah diamanahkan dan dipercayakan sebagai Ketua umum KBSB oleh itu saya awali kegiatan ini dengan berziarah kesini sekaligus bersilaturahmi dalam aksi sosial bahwa KBSB peduli dengan sejarah,” sebutnya

Disela kegiatan berlangsung KBSB dan GM – KBSB saat berada di zorat makam Raja Sangnaualuh Damanik hadir Walikota Pematangsiantar H. Hefriansyah SE MM, tentunya kedatangan Walikota disambut baik oleh pengurus KBSB dan Keluarga keturunan dari Raja Sangnaualuh.

Disaat dikonfirmasi Rudi mengungkapkan sejarah bahwa Raja Sang Naualuh selama memimpin dikenal adil dan bijaksana sehingga ia begitu dicintai oleh rakyatnya. Beliau juga dikenal sebagai pelopor, penganut dan pelindung agama Islam, khususnya di Kerajaan Siantar. Di samping itu, Raja Sang Naualuh juga dikenal sebagai perintis pembangunan Kota Pematangsiantar.

“Kedamaian dan toleransi yang tinggi di Kota Siantar, tentu tidak lahir begitu saja. Tapi sudah terbentuk sejak Raja Sangnawaluh memimpin Kota Siantar. Jadi sifat pengasih Raja Sangnawaluh kepada masyarakatnya patut diteladani,” terang Rudi (ryz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *